Cara Hebat menjadi Art Director yang hebat - klopidea Cara Hebat menjadi Art Director yang hebat - klopidea

Cara Hebat menjadi Art Director yang hebat

April 19, 2016
April 19, 2016 Fahri ubay

Cara Hebat menjadi Art Director yang hebat

 Cara Hebat menjadi  Art Director yang hebat        

          Art director adalah Pengarah estetika dan memanage pengerjaannya. Lebih lengkapnya mengarahkan team yang bekerja dibawahnya, seperti graphic designer, illustrator artist, photographer, fashion stylist, dan lainnya dalam lingkup periklanan maupun commercial performance. Bertugas membuat konsep atau ide, atau sebagai jembatan strategi dari creative director atau Head project, atas perjalanan konsep dan strategi pemasarannya.

Tugas Art Director meliputi bidang kreatif, termasuk iklan, pemasaran, penerbitan, film dan televisi, desain web, dan video game. Bertanggung jawab untuk gaya visual dan gambar di majalah, koran, kemasan produk, dan semua media komunikasi. Menciptakan desain keseluruhan dan karya seni atau layout dan juga pengetahuan teknis produksi, termasuk pengawasan pencetakan dan produksi lainnya, dengan tujuan menyajikan atau menyampaikan pesan dari klien/perusahaan kepada pelanggan dan masyarakat umum.  Dibutuhkan profesionalisme yang memahami bagaimana untuk menarik people respons dan cara terbaik  menyampaikan pesan untuk menciptakan brand awareness.

Creative Brain-klopidea design

Art Director mengelola tim desainer dan menjadi mediator antara penulis dan desainer dengan mengkoordinasikan pekerjaan dalam unsur seni kreatif, copy writer dan team desain. Pekerjaan Art Director diawasi oleh seorang Creative Director, untuk mengawasi dan menyatukan visi. Secara khusus, Art director membuat keputusan tentang elemen visual yang digunakan, apa gaya artistik yang sesuai, dan kapan harus menjalankannya.

Menjadi seorang Art director seperti seorang Chev dalam sebuah Restaurant besar dengan mensuvervisi pekerjaan para juru masak dan menentukan hasil yang terbaik dari “dapur” mereka untuk diterima dengan baik oleh konsumen.

Berikut hal-hal penting yang akan menjadikan anda seorang art director yang hebat :

1. Menguasai beberapa keterampilan seni & Komunikasi.

Visual marketing2_konsultan branding klopidea

Art Director adalah konseptor dan sekaligus eksekutor dalam berbagai penyelesaian pekerjaan periklanan, showbizz maupun on frame performance. Dibutuhkan kemampuan seni dan komunikasi yang tinggi serta pengetahuan produksi commercial yang cukup seperti : Artist impression, Illustration, Copywriting, Photography, Brand communication, graphic art, stage and talent performance, audio-video, entertainment dan lain-lain, makin banyak pengetahuan bidang yang berhubungan, akan makin baik kualitas perkerjaan seorang Art Director.

2. Ketajaman Strategi kreatif

Good idea-klopidea design

Perlu kemampuan membaca dan menganalisa pergerakan arah kreatifitas iklan diluar sana serta sedikit ketajaman intuisi bisnis. Juga keterampilan yang sama pentingnya dengan kemampuan desain yang mengikuti trend dan teknologi, untuk klien yang potensial, perlu kemampuan mendiskusikan pendekatan kreatif Anda dalam memecahkan masalah bisnis? Apa hasilnya, dan bagaimana mereka mempengaruhi perusahaan Anda atau klien

3. Mampu menilai karya yang lain

Kemampuan menilai karya yang keluar dari anggota team kreatif, misalnya karena target waktu yang ketat, dan faktor biaya atau minimnya fasilitas yang didapat bisa saja menghasilkan karya yang tidak potensial. Anda harus menemukan kelemahan-kelemahan ini dan bisa menginspirasi, membimbing dan menemukan solusi kreatif yang lebih baik.

4. Cara Komunikasi yang baik.

Cheetah chasing gazelle --- Image by © Winfried Wisniewski/Corbis

Memahami Brand klien Anda dan berusaha mengembangkan intisari dari kebutuhan konsumen terhadap produk, akan membantu Anda membuat keputusan dengan klien Anda dengan komunikasi iklan yang tepat. Bagaimana menyelam ke dalam visi brand mereka, memahami pelanggan, cerita tentang mereka,  pesan, karakter brand dan bagaimana cara mereka ingin dikomunikasikan.

Setiap merek adalah refleksi dari pemilik perusahaan dan mereka menginginkan Anda memahami produk/brand mereka, memahami motivasi mereka, mimpi dan aspirasi. Ini dapat memberikan beberapa wawasan yang luas ke dalam merek, citra dan arah penjualannya.

5. Leadership

Tunjukkan bagaimana kemampuan leadership ketika bekerja dalam team. meski anda buka seorang manager. Arahkan diskusi dan braistorming ke situasi di mana Anda mengambil inisiatif untuk terlibat menganalisa  dan mengetahui  langkah-langkah pemecahan masalah. Bagaimana trick atau tips mencari ide dan penanganan praktis dalam project yang sedang dihadapi.

6. Memperhatikan sesuatu lebih mendalam.

Buatlah suatu pemecahan ide besar dengan cara yang sistimatis dan mendalam, seperti beberapa detail dari analogi komunikasi dan langkah-langkah pengerjaannya, menuju penemuan gagasan yang cerdas namun logis, logis komunikasi pesan dan desain, unsur-unsur tambahan (seperti twist on fact atau insert content) dalam materi iklan yang membantu membangkitkan emosi.

7. Menata Ego, mendominasi tapi tidak menguasai.

Jadilah kamu pendobrak baru, mengatasi sesuatu dari apa yang telah dilakukan, berkembang lebih baik dengan ide-ide liar dan memadukan ide-ide dari Team dan melahirkan sesuatu yang luar biasa. Karakter yang dibangun dari diri dan keluar bersama ide, ini perlu dikendalikan dengan tidak menabrak ataupun dilindas oleh ide anggota team. kecuali pertimbangan ada inout yang lebih jitu.

 Ide anda bertumbuh seperti sebuah kepala yang ditambahi badan, kaki dan tangan menjadi bentuk yang utuh dan kokoh. karakter dan kepribadian adalah faktor penentu bagi kecemerlangan seorang art director.”

8. Prioritas dukungan untuk membuat suatu gebrakan baru

Membuat prioritas pekerjaan Anda untuk mendorong mereka (Team dan Klien) dengan menunjukkan bahwa Anda bisa menciptakan yang lebih baik dan spektakuler dengan kerja sama mereka, dalam lingkungan yang tepat dan dengan orang yang tepat .

9. Tahu materi saat ini dan prosesnya ke depan.

Memahami sebuah project itu seperti menjalani situasi dimana semakin Anda akrab dengan konten yang anda kerjakan, semakin mudah untuk membawanya menjadi semakin baik. Konten yang sedang digarap berisi persoalan saat ini yang akan diselesaikan di depan. memahami dengan seksama dan berenang  didalamnya (tidak hanya hanyut), akan memberi beberapa pertunjuk baru dan pintu-pintu terbuka bagi solusi-solusi masalah ketika project sedang berjalan.

Selalu berpikir apa pendukung yang bagus dan siapa orang yang tepat untuk membantu pekerjaan itu untuk memecahkan setiap masalah yang mungkin timbul.

     Dalam pekerjaan Art Director, kekuatannya adalah kerjasama dengan Creative Director atau Head of Project dan Team dalam mengeksekusi strategi, konsep atau ide yang digarap, yang secara umum bertanggung jawab untuk tampilan gaya dari iklan, desain atau penampilan komersial.

Brainstorming dengan Team serta memberikan arahan dan inspirasi kepada anggota, yang meliputi desainer grafis, iluistrator atau typesetters.  Art director membantu menjaga konsistensi merek, mengawasi proyek melalui managemen produksi dan mengontrol tahapan pekerjaan sampai ke hasil akhir.  Dipastikan bahwa mempunyai  kemampuan dan pengetahuan yang luas akan memberikan kualitas yang baik dan menjadi seorang Art Director yang hebat!   Selamat berkarya.

jasa design klopidea  Button Pesan design

Baca juga :

–  Brainstorming yang terarah dan berkarya hebat

– Pentingnya Supporting Design dalam persiapan sebuah Event

Mengapa Jingle diperlukan memperkuat Branding Image

Seberapa pentingnya Maskot bagi promosi produk?

[button color=”white” size=”normal” alignment=”none” rel=”follow” openin=”samewindow” url=”http://klopidea.com/contact-usif-you-need-help-to-designing-or-branding/”]Presented by : Fahri Ubay, Branding & Communication consultant, Creative Director & founder of klopidea.com[/button]

Source :

How to become an art director – creativebloq.com

How To Make It: 10 Rules for Success From Art Directors – complex.com

10 Tips I Learned Art Directing My First Photo Shoot – Emelina Spinelli.

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Fahri ubay

Branding Strategic & Marketing Communication Consultant, Graphic Designer

Leave a Reply