Mengapa Jingle diperlukan untuk memperkuat Branding Image

April 11, 2014
April 11, 2014 Fahri ubay

Mengapa Jingle diperlukan untuk memperkuat Branding Image

Apakah Jingle (Lagu Pendek) itu? dan apa manfaatnya?

Setiap produk ingin mendapatkan Pengakuan Instant tentang kelebihan atau kebaikkan produknya, itu biasa didapatkan dari media2 iklan yang harus kita program secara berkala dan tidak singkat, keberadaan Slogan atau Motto dari Brand tentunya dapat memberikan faktor pemicu ketertarikan konsumen terhadap suatu produk.

Disamping Slogan atau Instant Strong pointer lainnya, kita bisa berharap pengakuan dan ketertarikan konsumen dari sebuah Jingle, yaitu sebuah lagu dengan durasi pendek untuk menyampaikan pesan singkat atau slogan dalam komposisi Musik dan lirik.

Musik sering memberikan daya pikat tersendiri dimana saat seseorang tidak bisa menikmati visualisasi dari pesan-pesan tertentu. Penyampaian pesan yang disampaikan lewat lagu yang terdengar menyenangkan dan mengibur, maka diharapkan pesan- pesan itu akan tertanam dalam benak pendengar dan akhirnya menjadi pola kata-kata yang selalu diingat oleh konsumen.
Media yang paling mengakomodir jingle ini adalah Iklan radio dan televisi, bahkan saat ini aplikasinya sudah sampai ke Media-media komunikasi personal seperti Handphone(Ringtone) dan Internet (Situs Audio-Video). Iklan radio sangat efektif dan layak untuk promosi produk lewat  Jingle, karena pendengar lebih fokus mendengarkan tanpa melihat visualisainya.

Produsen iklan radio selalu mencoba yang terbaik untuk menghasilkan iklan radio. Jadi mereka membuat jingle iklan dan materi kata2 yang kuat  yang memiliki kemampuan untuk mendapatkan perhatian dari para pendengar sekaligus bisa menyerang perhatian mereka dari aktifitas-aktifitas saat mendengarkan Radio.

Jingle dan lirik cukup efektif menyampaikan pesan dari produk, bahkan jauh lebih lebih efektif daripada iklan yang hanya diucapkan (Radio Spot & Adlips) . Anda akan menggoyang2 kaki Anda dalam mengikuti musik yang ada, sementara pikiran anda terbawa melody dan lirik, ini adalah cara berkomunikasi tersamar dalam  yang Anda akan ingat , dan itu memberi kehidupan dan kepribadian untuk produk yang dianggap “benda mati” , dan akhirnya produk ini akan diingat lebih mudah ketika berhubungan dengan lagu. Hebatnya , cara ini dapat membantu kita mengingat hal-hal itu selama lebih dari 20 tahun.

Manfaat Jingle bagi promosi Produk :

1 . Membangun Pencitraan/Image Produk.

Jingle memberi tambahan kekuatan Image produk , lagu yang catchy yang akan membuat pelanggan Anda ikut bernyanyi saat mereka mendengar Jingle Anda !

2 . Biaya Efektif .

Dalam jangka panjang , jingle dapat membuktikan nilainya . Alih-alih membayar sejumlah besar uang setiap bulan untuk komersial baru , jingle Anda berjalan sendiri sepanjang waktu dan terus terkesan dalam benak pendengar .
3 . Pesan yang terpola dalam pikiran

Konsumen memerlukan ransangan indera yang memicu untuk mengingat sesuatu, ketika mendengar sebuah susunan nada yang simpel namun menarik, maka akan masuk dalam ingatannya, kehadiran tata bahasa yang berbentuk lirik lagu akan lebih menambah kekuatan sebuah pesan . ketika seseorang menyukai lagunya, maka mereka akan hafal dengan liriknya. lagu jingle yang sangat menarik dan familiar, akan sangat sangat sulit untuk dilupakan.

4 . Mudah diingat .

Terbukti banyak Konsumen yang merasakan ketika sebuah lagu menarik yang terjebak di benaknya, maka sepanjang hari dia akan menyanyikan lagu itu meski dinyanyikan dalam hati (senandung) . Bayangkan saja ketika seorang pelanggan potensial kedapatan sedang bernyanyi tentang sebuah produk anda sepanjang hari!

5 . Tak habis oleh waktu .

Jingle telah dibuat orang sejak tahun 1923, tepat di saat Radio Komersial muncul ke publik . Banyak Jingle yang dibuat 20-30 tahun yang lalu yang masih kita ingat sampai sekarang , mari kita buktikan kepada Anda ! Selamat berkarya.

Contoh lagu jingle

baca juga : ” Apakah pekerjaan Design grafis (Graphic designer) itu? ”

 

, , , , , , , , ,

Fahri ubay

Branding Strategic & Marketing Communication Consultant, Graphic Designer

Comments (17)

  1. Federico

    Hey! Someone in my Myspace group shared this site with us so I came to look it over.
    I’m definitely enjoying the information. I’m bookmarking and will be
    tweeting this to my followers! Great blog and terrific
    design.

    Feel free to surf to my homepage: discount coupons

    • fahri Ubay

      I am very grateful for this appreciation, it is give encouragement to work better and closer to our ideas and all friends too. Thanks

  2. fahri Ubay

    Sorry for this inconvenience, This Blog contain lot of Image, maybe it’s weighed loading progress..or some provider in local area may have low of signal strenght.

  3. Frankie

    I’m not sure exactly why but this blog is loading very slow
    for me. Is anyone else having this problem or is
    it a problem on my end? I’ll check back later on and see
    if the problem still exists.

    Review my page free shipping coupons

Leave a Reply