Komunikasi Pemasaran Terpadu, senjata paling powerfull - klopidea Komunikasi Pemasaran Terpadu, senjata paling powerfull - klopidea

Komunikasi Pemasaran Terpadu, senjata paling powerfull

December 11, 2015 Fahri ubay

Komunikasi Pemasaran Terpadu, senjata paling powerfull

 

        Marketing communication adalah bentuk informasi khusus untuk mengingatkan, membujuk dan memberi kesan kepada konsumen secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merek yang dijual.

Komunikasi pemasaran bagi konsumen, dapat memberitahu atau memperlihatkan kepada konsumen tentang bagaimana, kepada siapa saja, di mana dan kapan suatu produk digunakan. Komunikasi pemasaran berkontribusi pada ekuitas (nilai kekuatan) merek dengan menanamkan merek dalam ingatan dan menciptakan citra merek serta mendorong penjualan .

Komunikasi pemasaran mempresentasikan “pesan” perusahaan dan brandnya dimana dibentuk sebuah dialog yang melekat untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan konsumen.

Marketing communication mampu berbicara dengan bahasa dan visual yang lebih bebas dan luas dibanding konten-konten informasi pada produk, profile atau katalog yang dikeluarkan langsung dari perusahaan. Konversi materi ini dikembangkan melalui pesan-pesan khusus dengan berbagai lini lewat advertising, branding, direct/digital(online)marketing, graphic design, promotion, publicity, sponsorship, public relations, sales promotion dan lain-lain. ini memberikan kesempatan dan cara berinteraksi yang lebih luas dan menemukan visual language yang tepat.

Integrated Marketing Communication (IMC) atau disebut juga Komunikasi Pemasaran Terpadu ini menggunakan sejumlah media dengan harapan terjadi 3 perubahan. Yaitu respon Pengetahuan, Sikap dan Tindakan dari target pasar.

IMC telah mengantarkan era baru di mana pemasar memadukan pesan komunikasi dari seluruh lini media yang tersedia dan menghasilkan proses brand experience yang berkesinambungan dengan mengintegrasikan public relations, advertising online, social media, dan elemen komunikasi lainnya menjadi satu kesatuan dalam maksud dan tujuan yang sama.

Mengembangkan Komunikasi yang Efektif

Komunikasi yang efektif itu terjadi apabila Brand dapat mengenali targetnya dan konsumen juga mengenali Brandnya, sehingga tercipta hubungan kebutuhan dan keuntungan dari konsumen dan Brandnya. Adapun langkah-langkah dalam mengembangkan komunikasi yang efektif yaitu.

1.  Identifikasi target konsumen:

Menganalisa konsumen potensial dan menetapkan spesifikasi konsumen.

2.  Menentukan tujuan komunikasi:

Mengkategorikan kebutuhan konsumen, menciptakan kesadaran merek (awareness), sikap terhadap merek dan sosial culture terhadap merek.

3.  Merancang Strategi Komunikasi:

merumuskan strategi pesan (Content), kreatif, product kowledge, effektifitas bahasa pesan dan strategi media.

4.  Strategi Media.

Mempersiapkan proses produksi iklan, seleksi materi-materi penyebaran, pemetaan target konsumen dan media, marketing mix, skedul penyebaran pesan dan interaktif progres penyebaran iklan.

5.  Mengukur hasil komunikasi:

mengukur dan evaluasi dampak dari pesan yang dikomunikasikan terhadap konsumen sasaran dan umpan balik yang diterima. Merespon interaksi yang timbul dari konsumen.

6. Komunikasi marketing terintegrasi:

Memadukan strategi media dengan pergerakan sales marketing, mengkoordinasikan media, mengkordinasikan respon dilapangan dan pengendalian program promosi.

Apa saja langkah-langkah Marketing Communication yang diperlukan ?

– Menyusun pesan komunikasi yang efektif yang menarik orang untuk membaca pesan, mengetahui dan terajak untuk membeli produk, menentukan tema / konsep yang akan ditampilkan di media masa, menulis pers release yang efektif dan membuat orang mau membacanya.

Memilih media yang tepat untuk kegiatan marketing dan selling dan mengetahui keunggulan dan kelemahan berbagai media yang ada mulai dari koran, majalah, televisi dan internet

Memahami strategi Pencetus Sikap (Psychological Triggers) yang membuat iklan anda bisa dipercaya, dianggap jujur, dan harganya cocok.

Memanfaatkan media digital dan social untuk mempertinggi efektivitas promosi

Mengevaluasi efektivitas media, efektivitas masing-masing media termasuk pengukuran efektivitas promosi

Komunikasi yang tepat dan terpadu dalam Integrated Marketing Communication (IMC) sangat penting digunakan dalam pemasaran. Konsumen dibombardir dengan ribuan pesan dari ribuan pengiklan yang berbeda setiap hari. Hal ini membuat konsumen menjadi terbiasa untuk memilih dan menyeleksi pesan-pesan yang sesuai dengan kebutuhan atau kepentingan mereka. Dengan mengintegrasikan semua aplikasi pemasaran dengan konten komunikasi yang konsisten dalam satu pesan sehingga kebutuhan masarakat menjadi terproyeksi dengan jelas dan lengkap, dan target konsumen akan memahami dan selalu mengingatnya.

Sebagai pemasar, kita perlu memastikan bahwa kita melakukan segala sesuatu untuk menjangkau konsumen agar mereka tertarik pada produk yang kita tawarkan. Ini berarti bahwa pesan yang kita sebarkan harus selalu tepat sasaran dengan berbagai sisi penyampaian pesan kepada para konsumen yang membutuhkan. Selamat berkarya.

jasa design klopidea  Button Pesan design

Baca juga :

[button color=”white” size=”normal” alignment=”none” rel=”follow” openin=”samewindow” url=”http://klopidea.com/contact-usif-you-need-help-to-designing-or-branding/”]Presented by : Fahri Ubay, Branding & Communication consultant, Creative Director & founder of klopidea.com[/button]

 

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Fahri ubay

Branding Strategic & Marketing Communication Consultant, Graphic Designer

Leave a Reply