Public Relation, the secret weapon strategi marketing Communication

January 8, 2016
January 8, 2016 Fahri ubay

Public Relation, the secret weapon strategi marketing Communication

 

Public Relation (Hubungan Masarakat) adalah bagaimana menciptakan pemahaman melalui Informasi-informasi dan pengetahuan tanpa penggunaan biaya khusus (tidak membeli iklan) yang akan mempengaruhi perubahan berpikir konsumen. PR adalah bentuk komunikasi yang terdiri dari semua cara mengkomunikasi dengan semua orang.

Advertising (periklanan) terbatas untuk menjual dan mempromosikan barang dan jasa secara singkat dan padat, PR harus dilakukan dengan komunikasi menyeluruh dari suatu produk atau corporate, lebih terinci dan komprehensif.

Public relations adalah manajemen komunikasi antara individu/organisasi dan masyarakat. Kegiatan public relations harus melibatkan sistim untuk analisa dan Update, memprediksi hasil dan impact yang akan digunakan untuk mengambil tindakan selanjutnya dalam program.

PR dikomunikasikan melalui media dalam bentuk seperti acara publisitas, forum diskusi, press release, newsletter, blog, media sosial, dan sebagainya

PR sebagai bagian program komunikasi pemasaran.

Hubungan yang penting antara PR dan advertising dalam iklan adalah menciptakan pengetahuan dan pemahaman tentang produk atau jasa yang sedang dipromosikan (Market education). komunikasi tidak hanya mengandalkan pada iklan untuk masuk ke pasar.

Bisa saja sebuah produk baru gagal untuk menjual karena tidak dibangun atau diedukasi kepada pasar atau informasi dari iklan dan produknya berubah dan tidak konsisten, PR dan Integrated MarComm akan mengkomunikasikannya dengan lebih terinci, lengkap dan berkesinambungan sehingga pesan dapat melekat membentuk persepsi yang lebih stabil.

Pemasaran secara umum berfokus pada Produk (atau jasa), Harga, Promosi dan Tempat (Area distribusi), ada perlunya ditambahkan satu unsur yang ikut menentukan yaitu Persepsi. Ini adalah di mana PR berperan penting dalam menciptakan persepsi. Ini dapat diterapkan sebagai bagian dari Marketing Mix,

Komunikasi Marketing Mix adalah campuran khusus Periklanan, Personal selling, Sales Promotion, Public relation, serta Direct & online Marketing untuk meningkatkan efktifitas campaign attack dan program pemasaran.

Ketika memutuskan bagaimana memanfaatkan Marketing Communication Mix perlu dipertimbangkan kekuatan dan kelemahan dari masing-masing komponen promosi. Kemudian memutuskan cara terbaik untuk memanfaatkan unsur-unsur yang berbeda dari campuran itu untuk memaksimalkan untung dan rugi dari investasi ini.

Sebuah proses komunikasi yang baik adalah menjalankan semua potensi interaksi dengan konsumen terhadap produk Anda dan perusahaan. Memahami proses pembelian media dan unsur-unsur komunikasi yang efektif akan membantu pemasar mengkomunikasikan Brand mereka secara lebih efektif dan berkomunikasi hingga dapat mengalokasikan biaya yang lebih efisien.

Berikut adalah unsur-unsur program public relations yang menyeluruh:

Tujuan

Apa tujuan utama dari ttarget pemasaran untuk program kampanye PR yang dirancang untuk membantu kebutuhan pemasaran. Menyusun rencan untuk melakukan hal itu. Pemahaman yang kuat tentang kondisi baik internal maupun eksternal.

Goal

Apa yang ingin dicapai perusahaan dari program tersebut. Apakah perubahan perilaku, meningkatkan penjualan atau persepsi tentang Produk/perusahaan.

Strategi

Metode yang Anda akan mencapai tujuan Anda. Bagaimana mengkomunikasikannya kepada audiens dengan menggunakan berbagai lini. Perlu dilakukan penelitian tentang target individu melalui pengembangan pribadi untuk keputusannya. Taktik yang paling efektif untuk menarik perhatian mereka, dan Apa lini media yang mereka sering terlibat dan di mana mereka berada.

Target

Jenis orang/konsumen yang ingin dijangkau. Mendefinisikan konsumen utama Anda, segmentasi, adalah bagian penting untuk memastikan program akan efektif.

Media

Sasaran publikasi dan program-program khusus Anda untuk mengarahkan program PR, seperti media informasi non komersial atau sosial media. Berkomunikasi baik dengan media yang sangat luas dan banyak untuk mengirim press release atau materi PR lain sehingga Anda dapat mencapai target audiens yang seluas-luasnya.

Media adalah pelanggan Anda. Mereka membeli cerita, dan Anda menjual. Memenuhi kebutuhan mereka, dan mereka akan menjalankan cerita Anda

Rekomendasi

Strategi PR yang akan digunakan jika perlu ada alternatif yang dipersiapkan dan point of action untuk setiap tindakan. Disamping rujukan metode tertentu juga diperlukan menentukan pengukuran dan pelaporan dan kepada siapa akan dipresentasikan dan memilih kombinasi promotion mix yang efektif dan memonitor keterlibatan audiens secara menyeluruh.

Beberapa tambahan action yang akan mendukung keterlibatan audiens dapat dilakukan dengan cara:

1. Memperkenalkan produk baru lewat media siaran atau majalah yang memiliki forum khusus untuk Launch produk baru

2. Aktif di sosial media dengan membuat account atau terlibat dengan group-group tertentu dalam hal menbonceng visibilitasnya sehingga produk akan terekspos dengan sendirinya

3. Membuat hotline call bagi masyarakat untuk mendapatkan interaksi informasi atau saran

4. Mengikat gaya hidup dengantren, mode, atau issueberita terbaruatau merespon kondisi terkini di masarakat dengan gimmick atau event khusus yang kita ciptakan.

5. Menggelar acara khusus atau gimmick, seminar atau gathering tertentu untuk membentuk interaksi dari masarakat.

6. Partisipasi sponsorship non budgeting yang melibatkan aktifitas sosial atau keikut sertaan kegiatan yang akan memberikan pencitraan khusus bagi rekanan dan masarakat.

           Ini adalah alat utama untuk menciptakan (Integrated) Marketing Communication Mix yang efektif. Namun harus disadari berbagai masalah hukum dan etika disekitar komunikasi pemasaran. Menghormati hak dan privasi konsumen dan norma-norma sosial dan peraturan pemerintah.

Marketing Communication Mix adalah jantung dari strategi pemasaran dengan metode khusus yang di dalamnya akan diperkuat oleh public Relation untuk menciptakan nilai dan menciptakan pelanggan, Integrated Marketing Communication yang berarti bahwa semua komponen dari MarComm Mix selaras dan menyampaikan pesan yang sama / konsisten untuk konsumen dan audiens target. Selamat berkarya

Baca juga :

[button color=”white” size=”normal” alignment=”none” rel=”follow” openin=”samewindow” url=”http://klopidea.com/contact-usif-you-need-help-to-designing-or-branding/”]Presented by : Fahri Ubay, Branding & Communication consultant, Creative Director & founder of klopidea.com[/button]

 

Sumber :

Public Relations – boundless.com

Public Relations (PR) | Marketing Teacher

The Role of Public Relations in the Marketing Mix – bizcommunity.com

10 Keahlian Wajib Bagi Praktisi Public Relations & Corporate Communication | Leonisecret.com

 

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Fahri ubay

Branding Strategic & Marketing Communication Consultant, Graphic Designer

Comment (1)

Leave a Reply