Design graphic outdoor paling efektif dan responsif - klopidea Design graphic outdoor paling efektif dan responsif - klopidea

Design graphic outdoor paling efektif dan responsif

January 28, 2016
January 28, 2016 Fahri ubay

Design graphic outdoor paling efektif dan responsif

 

         Desain iklan luar ruang (outdoor Advertising) adalah Visualisasi pesan di luar media peruntukkan (Advertising) yang dibuat khusus untuk penerimaan cepat dan penuh hambatan. Bagaimana sebuah iklan atau Signboard dibaca pada posisi bergerak ( meski sebenarnya anda yang bergerak), lingkungan yang beraneka bentuk, situasi yang tidak nyaman untuk membaca (Shaking, poor lighting) dan faktor lainnya.

Tantangan cara berkomunikasi yang membutuhkan konsep khusus dengan format Simple, Clear and focus. Efektifitas iklan outdoor ini disamping harus berukuran lebih besar, menyangkut penyampaian pesan yang dibuat menggelitik dan dramatic, merangsang pembaca dengan menciptakan “hentakan pesan” untuk kesadaran ingatan terhadap suatu produk/brand.

Ekspresi dari ide iklan outdoor bisa mengejutkan dan membekas dengan visualisasi khusus atau bentuk-bentuk tertentu yang sedikit lebih ekstrim. Penyajian bentuk komunikasi dalam Humor atau dramatic message yang dapat mempengaruhi pandangan dan keputusan konsumen terhadap produk pada saat yang cepat.

Ada beberapa hal yang perlu dipahami dalam menyajikan iklan Luar Ruang ini sehingga lebih tepat dan efektif yaitu :

Simple!

billboard2_klopidea desain

Desain Iklan terpampang (Billboard) anda sebaiknya terdiri dari hanya 3 komponen utama: Headline, Visualisasi pesan ( Ilustrasi), dan logo atau info kontak.

Secara umum Iklan outdoor di jalan atau di area terbuka di isyaratkan membutuhkan hanya 3-6 detik untuk dibaca! Bayangkan ketika Anda bergerak di jalan dan harus menangkap suatu pesan iklan hanya dengan waktu sesingkat itu? Apa yang anda dapatkan dengan cepat dari pesan sebuah iklan billboard?

Pastikan bahwa pesan Anda singkat tapi kuat. tampilkan hal-hal yang benar-benar penting tentang produk., teks yang mudah dan cepat untuk dibaca serta gambar yg simpel namun menyentak.

Jangan menyulitkan pembaca dengan menjejalkan billboard Anda oleh banyak materi. Bicaralah dengan gambar dan sedikit kata! , Semakin mudah pesan iklan Anda ditangkap, akan semakin mudah dimengerti dan diingat.

Copy text pendek

Pesan Anda harus singkat namun mempengaruhi (provokatif). Waktu pembacaan text copy hanya punya 2 detik untuk menyampaikan pesan Anda dan tidak ada waktu untuk tambahan beberapa text fitur atau penjelasan yang panjang.

Gunakan panggilan untuk bertindak” sehingga pembaca merasa memiliki informasi penting dan dirangsang untuk merespon iklan tersebut.

Type font sederhana

Gunakan Font standar minimalis, Bold namun tidak kaku, ingatlah bahwa Pesan Anda harus terbaca dari kejauhan, dan tetap dibaca sambil bergerak. Jadi hindari Font terlalu tipis, berlekuk atau bentuk yang rumit karna akan “terpecah” (distorsi) dan kurang terbaca ketika dilihat dari jauh. Bayangkan bila text itu dibaca dari jarak 50-300 meter.

Ukuran font yang besar memungkinkan akan terbaca lebih baik, Gunakan 30% space billboard untuk Headline atau pesan simbolik, dan sisanya untuk gambar dan informasi penting. Kadang terjadi dominasi Text Headline atau ilustrasi sebesar 60-70 % dari space! Ini sebuah strategi khusus untuk memberikan hentakan pesan yang lebih ekstrim.

Beri spasi yang cukup antar huruf dan kata, Gunakan pengetikan text Huruf besar dan kecil secara normal untuk memberikan gaya membaca yang wajar. Pemakaian semua huruf besar yang panjang dan banyak bisa menyulitkan pembacaan karena deretan font yang sejajar dan monoton terlihat seperti “pagar”.

One piece of Layout

Dalam sebuah layout Billboard, semua elemen desain harus tertata sebagai satu kesatuan dan tidak terpecah dalam beberapa blok layout. Pengkotakan salah satu unsur materi dalam pembacaan cepat akan memisahkan dan memutus kesatuan seluruh konten tersebut dan memperlambat pembacaan.

Pembaca membutuhkan kenyamanan membaca sehingga tidak terputus atau terganggu pembacaannya terhadap seluruh unsur visual yang ada dalam billboard karena pengkotakan dari satu unsur .

Gambar Solid dan fokus

Gambar atau ilustrasi dalam billboard harus simpel dan satu bentuk (solid) serta cukup besar untuk menyampaikan makna dan menangkap perhatian. ilustrasi yang terfokus memberikan dampak pemahaman dan ingatan yang lebih baik, Pastikan billboard Anda berbicara jelas dan sesuai dengan imajinasi mereka.

Iklan outdoor membutuhkan fotografi yang solid, dengan gambar resolusi tinggi (200-300 DPI) adalah Suatu keharusan. Buatlah satu bentuk gambar yang menyatu, tidak rumit dengan tambahan unsur-unsur yang tidak perlu, jika ada dua unsur gambar, usahakan tidak lebih, dan sangat simpel namun ‘dramatic’ sehingga tetap memiliki dampak emosional meski dilihat dari dari kejauhan.

Warna kontras pada posisi yang tepat

Iklan outdoor kadang memiliki background view sekitar yang bermacam-macam bentuk dan warna seperti bangunan gedung, pohon-pohon, tebing atau billboard lain disekitarnya yang akan mengganggu pandangan “eye catching“nya. Visual billboard harus memisahkan diri dari lingkungannya dan membuat perbedaan visual sendiri.

Gunakan warna kontras yang tinggi dan tidak terlihat “menyatu” dengan sekitarnya. Warna yang lebih kuat akan memberikan posisi Stand Out pada iklan anda dan mudah untuk ditangkap oleh mata (Eye catching).

billboard_klopidea desain

Very Simple Background

Background image yang sederhana atau clean akan tetap berfungsi sebagai background, tidak ikut tampil dan berbicara dalam pesan iklan. Gunakan warna background yang flat, redup atau sangat gelap untuk membantu kontras warna gambar objek utama.

Background yang clean atau kosong bahkan lebih mendorong objek ilustrasi iklan untuk lebih tampil dan cepat ditangkap mata.

Inovatif dan Humoris

Ketika kita melibatkan pembaca dengan konsep iklan dalam membuat citra psikologi dari iklan outdoor, buatlah foto dan grafis yang dramatic dan berkarakter kuat. Bagaimana menciptakan sesuatu untuk merebut perhatian pengendara. Tampilkan gambar dan grafis yang berisi kegembiraan, ketegangan atau kelucuan? Pengguna jalan yang bosan senang dihibur, tapi dengan visual yang mudah dimengerti.

Berani!

Buat Billboard Anda Eye catching dan menusuk dalam benak pembaca. Ingatlah, ada ratusan bentuk dan visual yang dilihat selama seseorang berkendara. Design yang anda buat harus benar-benar tidak ada yang menandingi keunikan dan kekuatannya sehingga akan diingat pada saat setelah mereka berlalu.

Bereksplorasilah dengan konsep yang gila atau out of box! Ide yang gila sering berkembang menjadi ingatan yang panjang dan berkesan.

Clear arround area

billboard fails_klopidea desain

Ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu dimana design ini akan ditempatkan. Usahakan titik billboard tidak terlihat berdiri berdampingan atau berhimpitan/tumpang tindih dengan billboard lain atau bangunan yang berbentuk rumit dan bertekstur warna keras. Sedapat mungkin berdiri di area terbuka, clean dan hanya berlatar belakang langit atau simple landscape. jika terpaksa sudah berada dalam titik yang dipenuhi bentukkan bangunan atau lainnya, buatlah design yang clean atau kontras dengan warna yang berbeda diluar warna yang ada disekitarnya.

Materi yang relevan dengan lokasi

Selain menjaga karakter gambar anda sesuai dengan produk, pastikan Anda mempertimbangkan lingkungan di mana billboard Anda akan berlokasi (seperti pantai atau jalan raya) dan pengguna jalan yang sering lewat (misalnya pejalan kaki, driver, atau mobile crowd area). Seperti apa segmen yang dominan yang biasa melewati lokasi itu, apakah para pekerja? Pemudik? pelajar atau pewisata? Apakah pesan Anda sesuai dengan target lingkungan serta seberapa besar ukuran yang harus dibuat?

Menggunakan gambar dan tema yang relevan dengan lingkungan sekitar titik pasang adalah cara yang bagus untuk berkomunikasi visual grafis dengan cepat.

       Desain iklan Outdoor memerlukan kesederhanaan, kontras dan memperhatikan ukuran dan titik pasang untuk dampak yang paling menguntungkan. Merancang grafis iklan pada skala besar juga dapat menjadi tantangan yang memberi pengalaman. Ini adalah proyek desain yang memungkinkan Anda untuk melakukan test seolah Anda sendiri mengemudi pada jalan dimana billboard itu dipasang.

Design Iklan Outdoor sedikit berbeda dengan proyek grafis lainnya yang dicetak dan terbawa bersama pembaca. Design Iklan billboard atau signboard Outdoor memang terlihat mudah dan sederhana, namun butuh perhitungan antara ukuran dimensi, ketinggian dan titik pasang yang tepat serta efisiensi materi didalamnya. Disamping membutuhkan kekuatan visual komunikasi, kontras tinggi dan juga harus mudah dimengerti ketika dalam kondisi membaca yang tidak nyaman dan waktu yang sangat cepat. Selamat berkarya.

jasa design klopidea  Button Pesan design

Baca juga :

Seperti apa Karya Design Graphic yang Cerdas?

Kunci Menciptakan iklan yang Hebat

Efek Warna dalam Desain Grafis dan Psikologinya

Mengembangkan Ide-ide dahsyat dalam pembuatan Kreatif Iklan

[button color=”white” size=”normal” alignment=”none” rel=”follow” openin=”samewindow” url=”http://klopidea.com/contact-usif-you-need-help-to-designing-or-branding/”]Presented by : Fahri Ubay, Branding & Communication consultant, Creative Director & founder of klopidea.com[/button]

Sumber :

The Design Process Of Creating A Creative Billboard Campaign – justcreative.com

Outdoor Advertising Tips & Creative Billboard Designs | JUST™ Creative

Outdoor Advertising Design Tips | KristofCreative.com

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Fahri ubay

Branding Strategic & Marketing Communication Consultant, Graphic Designer

Comment (1)

Leave a Reply