Display Dekorasi Simpel & Indah Penunjang Event Branding & Promosi - klopidea Display Dekorasi Simpel & Indah Penunjang Event Branding & Promosi - klopidea

Display Dekorasi Simpel & Indah Penunjang Event Branding & Promosi

March 26, 2015
March 26, 2015 Fahri ubay

Display Dekorasi Simpel & Indah Penunjang Event Branding & Promosi

 

Commercial Visual Merchandise adalah pembuatan dan penataan dekorasi atau hiasan Commercial pada tempat-tempat tertentu yang dapat memperindah dan mungkin dapat menunjang kemeriahan program promosi di Shopping Mall atau Shopping Center.

Saya mengambil beberapa gambar dari Google Image dengan maksud bukan ingin meniru atau menjiplak apa yang dibuat oleh orang lain, tetapi mencoba membahas strategi merchandising display dan menjelaskan secara singkat cara pembuatannya sehingga bagi seorang Graphic Designer yang bekerja dengan orientasi 2D dapat mencoba memahami pekerjaan Visual dengan hasil penataan 3D.

Disarankan untuk tidak meniru secara langsung apa yang ada di gambar ini, tapi buatlah kreasi yang lebih luas dan lebih bervariasi sehingga menghasilkan karya kretif dan spektakuler.

Pada masa lalu saya pernah membuat beberapa produk yang mirip dengan gambar-gambar di bawah ini untuk memperindah hiasan dalam dan luar bangunan Shopping center di beberapa tempat di Jakarta.

contoh display simpel namun menarik itu akan dibahas berikut cara pembuatannya :

  1. Voide Display

mall

Voide Display biasanya di gantung ditengah-tengah voide di atas area terbuka dalam bangunan Shopping center. display ini dapat dibuat dari bahan yang ringan seperti Styrofoam yang dibentuk menjadi kotak-kotak yang besar (1,5 x 1,5 m) kemudian dibungkus dengan kertas warna atau kain berwarna, bisa juga dengan bahan tipis lain yang mempunyai ornamen. teknik penggantungan harus diperhitungkan dengan teliti agar tidak jatuh atau rusak ketika dipasang dan perlu diperhatikan penataan posisi yang baik dan bagus dipandang mata.

  1. Hanging Mobile

Bintang

Hanging mobile atau Ceiling hanging display biasanya berukuran lebih kecil dengan tinggi tidak lebih dari 70 cm untuk memperhitungkan tinggi ceiling agar tidak terlalu rendah hingga bisa dijangkau tangan pengunjung. bentuknya bisa 3D atau 2D. bahan yang dipakai lebih variatif mulai dari styrofoam, hard paper, PVC, kain berstruktur, flexy banner dan lain-lain. Bentuk bintang yang tampak ini biasanya dibuat dari hard paper atau PVC yang mudah digunting dan ditekuk. perlu pembuatan master pattern (mal) yang akurat karna beberapa sisi akan saling dilekatkan (mirip dengan pattern packaging) sehingga membentuk bintang yang 3D, untuk bahan yang tembus cahaya, Anda bisa menmpatkan LED lighting di dalamnya. pewarnaan bisa dilapis kertas warna, kain atau di cat.

  1. Interactive Show window

show window

Pengerjaan Merchandise show window banyak berisi item-item display, Mannequin dan juga produk yang dipromosikan. keindahan display sebuah show window sangat mempengaruhi image branding produk dari toko tersebut. pada dinding dalam biasanya di display bentuk utama dari tema event promotion dengan bahan dan bentuk serta wardrobe mannequin yang disetting khusus, tambahan hiasan atau lettering dari sticker yang menempel pada kaca didepannya akan menambah keindahan yang dinamis dan interaktif sehingga kekuatan 3Dnya lebih terasa. tema display keseluruhan harus menyatu dengan produk yang akan di display sebab show window adalah Thematic Promotion Product Display sehingga diperlukan penataan item produk didalamnya.

  1. Centerpoint Display

Kupu2

Tidak beda dengan Hanging Mobile yang lain, display berbentuk kupu-kupu ini biasa dibuat tidak banyak dan lebih besar, karna sebagai hiasan penunjang Booth atau P.O.P. Ini adalah display khusus yang dibuat lebih detail dan berorientasi langsung kepada produk. pemasangan bisa digantung atau dibuat berdiri sendiri dengan stand Up hanger. Display Kupu-kupu ini dibuat dari kain trasparant seperti Sifone atau bisa dengan plastik yang diberi rangka kawat yang ditekuk. penambahan variasi dengan manik-manik atau berupa penempelan bagian dari produk promosi itu sendiri sehingga tampilannya bermakna promosi produk yang kuat.

  1. Corner Display, Lotus Light Standing

teratai

Display ini biasanya diletakkan di sudut area atau tempat khusus yang di beri pembatas sebagai hiasan Corner artistical atau Centerpoint display. Salah satu contoh bentuk bunga teratai seperti ini dapat dibuat dari bahan tipis dan lentur seperti stocking kaki (Stocking Legging) yang diwarnai dengan pewarna kain atau spray painted. bentuk utama adalah rangka dari kawat yang dibentuk satu bagian kelopak besar dan dirangkai menjadi satu (8-10 pcs) dengan menambahkan lampu Led yang ditutupi hiasan transparan ditengahnya.

Daun-daun teratai bisa dibuat dari hard paper yang cat sampai kaku dan di press dengan batu-batu agar tampak bertekstur. jangan lupa memberi rangka kawat yang dibalut isolasi kertas sampai tebal sebagai tangkainya.

  1. Umbrellas Ornamented (Hanging Display)

SW

Anda dapat menggunakan payung kertas (tidak melengkung) atau bisa dengan plastik transparant tebal yang dipotong bundar, beri ornamen yang variatif dengan tempelan manik-manik yang lebih besar atau cat Acrilyc berwarna.

  1. Light Boxes Display

light boxes

Ini bisa dibuat lebih besar atau kecil. Buatlah box dari bahan Triplex atau vinyl yang tebal agar lebih kokoh, buat beberapa lubang kotak, bundar atau bentuk apapun yang menjadi ornamen dari box ini. Dengan menempelkan plastik berwarna atau Acrilyc lembaran (kalau tidak berwarna bisa di cat dengan spray paint) pada bagian dalam serta penempatan lampu yang cukup terang dan berputar atau berkedip (flashing), inilah dia Artistical Light Box yang mempesona.

  1. Wires Lamps Outdoor Display

lighting outdoor

Hanya 2 bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat ini, yaitu kawat tebal/ Behel dan lampu selang (Wires Lamp). Gambarlah pada kertas bentuk siluet dari benda yang anda inginkan seperti ikan, bintang atau lainnya dengan ukuran kurang lebih 1 m. buat tekukan kawat/behel mengikuti bentuk siluet pada kertas yang kita gambar dan langsung membentuk gambar yang kita inginkan, jangan lupa ikatkan rangka tengah agar lebih kokoh. setelah itu mulai ikatkan Wires Lamp dengan Cable Ties pada jarak 10-20 cm menelusiri lekukan kawat yang sudah berbentuk itu. hati-hati dengan tekukan tajam karna wires lamp bisa patah atau kabel didalam putus. perhatikan pula posisi kabel dan penempatan aman bagi penyambung listrik pada saat pemasangan.

  1. Figure Lampion Night & Day

Fish lamp

Dasar pembuatan adalah merangkai kawat-kawat menjadi kerangka yang membentuk tubuh ikan seperti contoh ini, perlu keahlian visual dan ketelitian membuatnya. letakkan beberapa Lampu Led ditengah kerangka itu, dan kabel penyambung listrik keluar dari bagian atas tubuh ikan. Covering body adalah kertas tipis atau kertas minyak beberapa potongan yang di lekatkan saling menyambung sehingga semua bagian tertutup, setelah selesai dapat dicat dengan spray paint.

Saya pernah membuat bentuk mirip seperti ini dengan jumlah 80 pcs..! setelah digantung berantai dengan jarak 1 m diantara tiang-tiang lampu jalan, dan dihubungkan ke sumber listrik…akan tampak keindahan rangkaian lampion yang unik dan luar biasa!

  1. Hanging Flower Ball

Flowerball

Siapkan 1 buah Bola dari gabus atau styrofoam sebesar bola Tennis. lalu tancapkan ratusan buah rangkaian pita itu sampai membentuk sebuah bola yang besar. Mudah dan cantik kan..?

Dalam versi produksi yang saya pernah buat adalah pembuatan simpul pita yang diikatkan pada paku atau kayu yang tajam lalu ditancapkan ke sebuah bola gabus/styrofoam, dan ini dibuat kurang lebih 100-300 pcs untuk 1 buah Flower Ball. tidak harus pita, bisa memakai bunga, kain yang digulung kecil, guntingan kertas warna atau lainnya. Penambahan lampu Led yang banyak disela-sela akan menambah keindahan Flower Ball ini.

  1. Art Glass

artglass

Pekerjaan ini membutuhkan ketelitian dan ketekunan yang cukup besar. Perlu digambar pattern pada kertas terlebih dahulu. potonglah plastik tebal transparan dan berwarna mengikuti setiap bagian ornament yang digambar itu. setelah semua terpotong sesuai dengan pola, lekatkan satu persatu dengan lem kertas yang penempelannya mudah dilepaskan kembali sehingga membentuk rangkaian seperti gambar di atas. kini mulai pekerjaan Art Glass yang mirip dengan sebenarnya yaitu memberi LineStroke penyambung setiap potongan itu dengan Lem bakar khusus (Gunakan alat khusus Glue-Gun) pastikan setiap bagian melekat dan tersambung dengan kuat dan lakukan dengan 2 sisi (2 muka). setelah terekat semua Linestroke & Outline, warnai dengan cat waterproof warna hitam. lakukan dengan sangat teliti sehinggaa hasilnya akan lebih rapih.

               Ini adalah pekerjaan awal (Basic Technicaly) yang paling mudah bagi seorang Visual Merchandiser atau lebih luasnya disebut “Art Director” banyak pekerjaan artistikal Visual yang lebih sulit dan rumit serta masih banyak lagi item-item Visual lain yang lebih kompleks dan sangat bervariasi, tapi jika Anda mengetahui dasar pekerjaan ini, mungkin bisa mengembangkan keahlian ini lebih lanjut, tergantung seberapa besar kemampuan artistik dan ketekunan Anda. Selamat Berkarya

Baca juga :

[button color=”white” size=”normal” alignment=”none” rel=”follow” openin=”samewindow” url=”http://klopidea.com/contact-usif-you-need-help-to-designing-or-branding/”]Presented by : Fahri Ubay, Branding & Communication consultant, Creative Director & founder of klopidea.com[/button]

 

 

, , , , ,

Fahri ubay

Branding Strategic & Marketing Communication Consultant, Graphic Designer

Comments (2)

Leave a Reply