Cara membuat karikatur dengan Photoshop

March 31, 2014 purbo developer

Cara membuat karikatur dengan Photoshop

Karikatur adalah gambar profil dari seseorang yang diillustrasikan berdasarkan karakter phisik dan kebiasaan orang itu, penggambaran karakter biasanya diekspos secara sangat menonjol agar menjadi tampak jelas sehingga akan menghasilkan bentuk yang unik dan terkadang lucu.

Dalam Photoshop ada beberapa fitur yang bisa mengantar pembuatan karikatur ini dengan tahap sbb:

  1. Foto atau image gambar (mulailah dengan foto close up wajah dahulu) di perjelas dengan Brightness & contrass agar karakternya menjadi kuat. Pastikan besar file image tersebut minimal 1000k atau 1 MB
  2. Klik fitur filter pilih Artistic pilih Poster edge untuk mengangkat karakter shapenya.
  3. Pilih fitur filter lagi, pilih scetchStamp. Atur kondisinya sehingga terbentuk garis2 gambar hitam putih seperti illustrasi komik.
  4. Mulailah dengan membentuk karakter spt membesarkankan hidung, dagu atau meninggikan kening dengan filter Distort – Spherize.
  5. Kemudian pembentukan beberapa lekukan yang unik dengan membentuknya dengan lebih dulu diselect dengan lasopada bagian yang akan di bentuk. Kemudian pilih tool Edit-Transform-Warp, akan keluar garis2 kotak yang kalau kita drag akan menggerakan perubahan bentuk gambarnya.

Nah buatlah seunik mungkin dengan tetap membuat foto tersebut  tetap dikenali siapa orang tersebut dan tidak berubah menjadi gambar orang lain. Selamat mencoba.

, , , , ,

Comments (63)

  1. Eulalia

    Hey there! This is my 1st comment here so I just wanted to give a quick shout out and
    say I really enjoy reading your posts. Can you recommend any other blogs/websites/forums that
    deal with the same subjects? Thanks for your time!

    Also visit my web-site – Music

    • yeah..that’s good for you.
      I see a lot of blogs that talk about this and quite dense. but speaking in general. a bit of searching on google guide tagline is about Photoshop tutorials term such as “Distortion”, “spherize” or “Effects” will probably bring you to another blog with a deeper discussion.

Comments are closed.